Apel Tiga Pilar Siapkan Strategi Pengamanan Pemilu 2024

by -217 Views

Polda Gorontalo dalam hal ini Diresktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) bersama Korem 133 Nani Wartabone dan Pemerintah Propinsi menggelar Apel Tiga Pilar dengan menghadirkan para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kepala Desa Se-Provinsi Gorontalo di Gedung Grand Sumber Ria Kota Gorontalo. (9/3/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam memperkokoh soliditas dan sinergitas serta kemitraan tiga pilar sebagai ujung tombak pelayanan di masyarakat serta problem solver atas permasalahan yang terjadi sekaligus mempersiapkan kondisi Kamtibmas dan mensukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Provinsi Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika dalam arahannya menjelaskan pentingnya peran tiga pilar ini yaitu babinkamtibmas, babinsa dan lurah/kepala desa sebagai yang terdepan dalam memberikan pembinaan dan pelayanaan kepada masyarakat.

“Apel Tiga Pilar ini menjadi hal yang sangat strategis, karena tiga pilar ini penting dan perlu dalam upaya satu menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif di wilayahnya masing-masing, selain itu tiga pilar ini diharapkan bisa merespon cepat setiap persoalan yang ada di masyarakat, sekecil apapun sedini apapun untuk dapat diselesaikan secara musyawarah “Dulohupa” yang ada di Provinsi Gorontalo, Terangnya.

Tiga pilar ini menurutnya juga harus menjadi patriot dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,

“Karena ini sudah masuk tahun poitik tahapan Pemilu, diharapkan tiga pilar ini, di wilayahnya masing-masing dapat nengawal dan mensukseskan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” Jelasnya.
Dikesempatan tersebut Kapolda Helmi juga menegaskan tentang netralitas TNI dan Polri.
“Soal netralitas, saya rasa tidak usah diragukan lagi, sudah jelas perintah dan garisannya bahwa Panglima TNI, Kapolri bahkan Presiden sudah menyampaikan bahwa TNI Polri Netral, kita siap mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024 sehingga nantinya hasil Pemilu, siapapun yang terpilih menjadi legitimate dan akan bermanfaat bagi masyarakat di Provinsi Gorontalo, Tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang dalam sambutannya menyampaikan sejumlah pesan kepada Tiga Pilar tersebut. Ia berharap keberadaan tiga pilar dapat menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat mulai dari lapisan paling bawah.

“Apabila terjadi permasalahan yang meresahkan masyarakat, Tiga Pilar harus tanggap menyelesaikannya agar tercipta situasi yang aman dan kondusif,”Ucapnya.
Selanjutnya dalam hal penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 , Ia ( Penjagub) berharap Tiga Pilar sebagai pelayan dan pelindung wajib netral dan berperan aktif terutama dalam mensosialisasikan kepada masyarakat agar menolak berita hoax yang menimbulkan perpecahan dan permusuhan.

“Untuk mensinergikan itu semua maka Tiga Pilar ini wajib menjaga komunikasi, koordinasi dan kolaborasi , harmonis serta memiliki komitmen. Dan giat apel tiga pilar ini merupakan awal yang baik untuk memastikan situasi dan kondisi wilayah tetap aman, Insya Allah kedepannya kami akan menggagas apel akbar kesiapan pemilu yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” Imbuhnya.

Dalam apel Tiga Pilar tersebut diikuti oleh 1100 (seribu seratus) peserta , selain dihadiri oleh Kapolda dan Penjagub Gorontalo turut hadir para Pejabat Utama Polda, Pejabat Utama Korem 133/NWB, Para Bupati atau yang mewakili.

Terhadap para peserta apel Tiga Pilar ini mendapatkan materi dari narasumber yang kompeten sebagai bekal dalam mendukung tugas-tugas pembinaan dan pelayanan di masyarakat.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.