Doa Bersama Lintas Agama berharap Indonesia terbebas dari Bencana

by -215 Views

Gorontalo – Jelang pelaksanaan Akhir Tahun 2022, Rabu (27/12/2022) Polda Gorontalo menggelar Doa Bersama Lintas Agama, yang dibuka langsung oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika, SIK.

Selain Pejabat Polda Gorontalo, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Dr. M. Muflih B Fattah, M.M, Pengurus MUI Dr. Rulianto Podungge, Pimpinan Wilayah Nahdatul Ulama (NU) Dr. Zulkarnain Suleman, M.Hi, Wakil Ketua Wilayah Muhammadiyah Drs. H. Djafar Asuari, M. Pd.i.

Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB) Provinsi Gorontalo KH. Abdul Rasyid Kamaru, Ketua Majelis Rasulullah Ustad Salim Bin Abdurrahman Aljufri, serta perwakilan dari masing-masing agama.

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, SIK, mengawali sambutannya memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk mengikuti kegiatan doa bersama akhir tahun yang diselenggarakan oleh Polda Gorontalo, dalam suasana yang penuh hikmad dan semangat kebersamaan.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan wujud syukur kepada tuhan yang maha kuasa, atas nikmat yang telah diberikan serta menjadi momentum untuk introspeksi diri terhadap upaya – upaya yang telah dilakukan Polda Gorontalo selama satu tahun terakhir, sehingga kita kedepan dapat memperbaiki diri dan memiliki persiapan untuk menghadapi berbagai tantangan dimasa yang akan datang,” kata Kapolda Gorontalo.

Ia menambahkan jika tahun 2022 ini bangsa Indonesia telah melalui begitu banyak cobaan yang datang silih berganti, mulai dari Pandemi covid-19 yang masih terus melanda, serta bencana alam yang terjadi di beberapa daerah.

Kemudian ujian terhadap persatuan dan kesatuan bangsa seperti yang dilakukan oleh kelompok kekerasan bersenjata di Papua dan adanya upaya radikalisme/ terorisme seperti yang terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung Jawa Barat.

“Terutama permasalahan di lingkup internal kepolisian terkait adanya kasus viral yang terjadi di duren III beserta rangkaiannya sehingga menjadi perhatian masyarakat serta berbagai kejadian lainnya yang telah mempengaruhi sendi – sendi kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Kapolda menambahkan jika selama tahun 2022 banyak keberhasilan yang telah dilakukan pemerintah terutama dalam menekan lajunya perkembangan Covid-19, melalui upaya yang dilakukan oleh seluruh aparat pemerintah.

Polri dalam hal ini Polda Gorontalo telah mendukung upaya pemerintah tersebut melalui kegiatan percepatan vaksinasi, yang dilaksanakan secara menyeluruh oleh Polda Gorontalo dan jajaran, sehingga persentasi angka masyarakat yang telah divaksinasi di Provinsi Gorontalo sangat tinggi.

Keberhasilan lainnya adalah upaya menjaga stabilitas perekonomian bangsa, karena kita ketahui bersama bahwa pandemi covid19 ini telah memporak – porandakan perekonomian bangsa.

Namun demikian pemerintah berhasil menjaga stabilitas sehingga berhasil memperoleh berbagai penghargaan di bidang keuangan dari jajaran kementerian keuangan republik indonesia.

“Secara umum, polri telah meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI atas penilaian laporan keuangan polri untuk yang ke-9 (sembilan) kali secara berturut-turut,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Kapolda, Polri dibantu oleh stakeholder lainnya sedang melaksanakan pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Pemerintah telah memberikan pelonggaran terhadap aktivitas serta mobilisasi masyarakat, sehingga berpotensi terhadap peningkatan terjadinya gangguan, olehnya Polri harus siap menghadapi tantangan tersebut dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, serta meyakinkan bahwa aktivitasnya akan berjalan dengan baik.

Hal ini selaras dengan perintah dari presiden Joko Widodo yang meminta kesiapan dari seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat natal dan tahun baru, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman.
Untuk itu, dalam rangka mendukung terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa serta terpeliharanya stabilitas kamtibmas di tanah air terlebih khusus di wilayah Provinsi Gorontalo, Polda menyelenggarakan kegiatan doa bersama dengan menghadirkan pemuka-pemuka agama dari lintas agama.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk memanjatkan doa, sesuai agama dan kepercayaan masing – masing, mengharap ridha tuhan yang maha kuasa, semoga bangsa Indonesia khususnya Provinsi Gorontalo senantiasa diberikan nikmat keselamatan dan mampu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menggapai keberhasilan di masa yang akan datang,” tutup Kapolda.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.