Irjen Helmy Santika Ajak BEM se-Gorontalo Ambil Bagian dari Bonus Demografi

by -508 Views

Gorontalo – Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, SIK mengajak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Gorontalo mengambil bagian dari bonus demografi bangsa.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, SIK, saat menggelar Silaturahmi bersama BEM se-Gorontalo, Kamis (1/9), di ruang Presisi Polda Gorontalo.

Turut hadir dalam pertemuan itu, perwakilan dari BEM UNG, BEM UNBITA, BEM IAIN Sultan Amai Gorontalo, BEM UMGO, BEM STMIK Ichsan, BEM UNISAN, BEM UBM, BEM Poligon, BEM Poltekes Gorontalo, dan lainnya.

“Indonesia saat ini sudah masuk pada Bonus Demografi, ada beberapa negara yang berhasil mengelolah Bonus Demografi, namun ada beberapa negara pula yang gagal dalam mengelolahnya,” kata Irjen Pol. Helmy Santika, SIK.

Menuruntnya kalau kita gagal mengelolah Bonus Demografi, maka yang akan terjadi adalah peningkatan angka pengangguran, dan lain sebagainya.

Pihaknya berharap, Adik-adik mahasiswa yang intelek, khususnya pengurus BEM, bisa berperan dalam membantu pemerintah untuk mengelolah bonus Demografi ini, sehingga bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Gorontalo.

“Sebagai negara yang memiliki kekuatan Sumber Daya Alam yang melimpah baik disektor Kelautan, Pertanian dan Pertambangan adalah modal dan kekuatan terbesar kita. Ditangan kalianlah sebagai generasi penerus bangsa, harapan untuk Indonesia menjadi negara maju kedepannya,” ujar Kapolda.

Indonesia diperkirakan akan menghadapi era bonus demografi beberapa tahun ke depan, tepatnya pada tahun 2030 hingga 2040 mendatang. Bonus demografi yang dimaksud adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Bonus demografi menjadi kesempatan strategis bagi Indonesia untuk melakukan berbagai percepatan pembangunan dengan dukungan sumber daya manusia (SDM) berusia produktif yang melimpah. Apalagi, tahun 2030 terdapat agenda besar pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Sejalan dengan itu, pemerintah pun telah mencanangkan Visi Indonesia Emas tahun 2045 dengan harapan terciptanya generasi produktif yang berkualitas.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.