Irjen Helmy Santika: Pentingnya Koordinasi Bawaslu dan Stakeholder Sukses Pemilu 2024

by -310 Views

Gorontalo – Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika, SIK mengatakan koordinasi penyelanggara Pemilu dengan stakeholder dan instansi lainnya sangat penting, guna menyamakan perspesi dalam proses penanganan pelanggaran pidana Pemilu.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika, SIK saat menerima kunjungan silaturahmi pimpinan Bawaslu Provinsi Gorontalo, Kamis (2/2).

“Perlu adanya persamaan persepsi dalam proses penanganan pelanggaran pidana Pemilu,” kata Irjen Pol Helmy Santika, SIK.

Kapolda juga berharap koordinasi kepolisian dan Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota sampai ke Panwaslu Kecamatan terus terbangun guna suksesnya pemilu tahun 2024.

“Pada intinya pihak kepolisian siap untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024,” tegas Helmy Santika.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli mengatakan selama pengawasan saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait ketidak netralan Polri maupu TNI pada tahapan Pemilu 2024.

“Upaya yang kami lakukan adalah pencegahan,” kata Idris Usuli.

Sebagai salah satu upaya menciptakan Netralitasi Aparatur Sipil Negara (ASN), Bawaslu juga mengirim imbauan ke Pemerintah Daerah agar mengintruksiakan seluruh ASN menjaga netralitasnya.

Dihadapan Kapolda Gorontalo, Idris menjelaskan jika Bawaslu sedang melakukan pengawasan terhadap tahapan verifikasi administrasi Calon Perseorangan DPD RI, apakah memenuhi persyaratan yang kemudian akan masuk ke tahapan verifikasi faktual.

“Selain melakukan vermin, kami akan melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilih dengan melihat pada tahun 2023 ini berapa jumlah polri yang pensiun diwilayah Provnsi Gorontalo,” ungkapnya.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.