Kapolda Gorontalo Hadiri Adat Mopotilolo Penyambutan Pangdam XIII/Merdeka

by -66 Views

REDAKTUR.ID – Kapolda Gorontalo Irjen Pol Drs. Angesta Romano Yoyol M.M turut hadir dalam penyambutan adat Mopotilolo terhadap Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, S.I.P., M.M Bersama NY. Nonny Legowo W.R. Jatmiko di Bandara Baru Djalaludin Gorontalo Rabu 15/11/2023.

Sementara itu kedatangan Pangdam Merdekadi Provinsi Gorontalo tak lain dalam rangka Kunjungan Kerja terhadap jajaran TNI di Provinsi Gorontalo serta instansi terkait. Kedatanganya pula di sambut baik oleh Forkopimda tingkat satu Provinsi Gorontalo.

Terlihat hal tersebut, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Desmond Harjendro A.P, SIK, MT mengatakan penjemputan secara adat itu (Mopotilolo) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Gorontalo ketika akan menerima kunjungan tamu kehormatan atau pemimpin Daerah.

” Penyambutan di awali dengan prosesi Mopotilolo sebelum melaksanakan kegiatan di Gorontalo di karenakan adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo,” katanya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

” Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat. Mopotilolo dan di akhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Pangdam XIII/Merdeka bersama rombongan selama berada di Gorontalo,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Pangdam XIII/Merdeka akan menghadiri sejumlah kegiatan selama kunjungan kerjanya di Gorontalo. Dan juga diagendakan akan menghadiri silaturahmi dan ramah tamah dengan jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo.

banner 300250

No More Posts Available.

No more pages to load.