Kapolda Gorontalo: Polri jadi instrumen Penting Tegaknya Sistem Peradilan Di Indonesia

by -186 Views

Gorontalo – Polda Gorontalo, Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pada pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 mendatang. Kepolisian Daerah Gorontalo mulai menyiapkan sejumlah personel yang nantinya bakal diterjunkan di lapangan. Tak lain, hal ini guna mendukung aspek pengamanan jalannya pesta demokrasi tersebut.

Adapun, mengenai persiapan yang dilakukan aparat kepolisian sendiri. Sejumlah personel secara rutin melaksanakan pelatihan pengendalian masyarakat (dalmas). Seperti halnya yang dilaksanakan personel Samapta Polda Gorontalo yang berlangsung di halaman Mapolda Gorontalo, Kamis (26/01).

Pelaksanaan latihan dalmas dipimpin langsung oleh pelatih Dalmas Briptu Eriyanto Buruji dengan diikuti 40 personel Samapta Polda Gorontalo, Kamis (26/01).

Direktur Samapta Polda Gorontalo Kombes Pol. Teguh Hardiyoh Wibisino, SIK melalui Danton 1 Samapta Polda Gorontalo Ipda Geraldo Watebossy, S.Tr.K menjelaskan, pelaksanaan latihan Dalmas dilakukan secara rutin, dimana selain untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel, serta kesiapsiagaan personil dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan, latihan Dalmas juga dilaksanakan dalam menyikapi kesigapan personel dalam menghadapi pesta demokrasi atau pemilu serentak 2024.

“Para anggota kita berikan latihan secara rutin, dimana hal ini untuk mengantisipasi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan, juga melatih kesigapan personel dalam menyambut pemilu serentak 2024 mendatang,” ungkapnya.

Lanjutnya, dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa. Selain itu, dapat membentuk mental emosional yang stabil. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik.

“Sehingga apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pesta demokrasi nantinya. Personel tetap humanis. Tidak sampai melakukan perbuatan anarkis yang tentunya ini tidak dibenarkan,” Kata Geraldo.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.