Kirab Merah Putih, Irjen Helmy Santika: Tunjukan Kepada Dunia Indonesia Negara Kuat

by -439 Views

Gorontalo – Kirab Merah Putih yang dilaksanakan di Jakarta, Minggu (28/8) yang dibuka langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi),  juga disaksikan secara Virtual oleh Kapolda Gorontalo bersama tokoh lintas Agama di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan pembentangan bendera Merah Putih sepanjang 1,700 meter disaksikan secara Virtual di ruang Lobby Presisi Polda Gorontalo.

“Lewat kegiatan Kirab Merah Putih ini, kita tunjukan kepada Dunia bahwa Indonesia adalah negara kuat, yang tidak mudah terpecah belah,” tegas Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, SIK, Minggu.

Kapolda menambahkan, lewat Kirab Merah Putih ini kita tumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, menjaga keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia juga menuturkan, jika kegiatan Kirab Merah Putih selain sebagai bagian dari peringatan HUT KemerdekaanRI, juga sebagai bentuk upaya agar masyarakat terus menjunjung persatuan.

“Kekuatan terbesar kita karena adanya perbedaan, namun itu bukanlah suatu halangan, melainkan kekayaan bangsa. Kita kaya akan budaya, suku bangsa, dan bahasa,” kata Irjen Pol. Helmy Santika, SIK.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada tokoh lintas agama yang turut hadir menyaksikan kegiatan Kirab Merah Putih secara virtual.

Kirab merah putih ini dibuka oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), dan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menuturkan, kirab merah putih ini juga masih merupakan rangkaian dalam memperingati momentum Hari Kemerdekaan Indonesia dengan tema ‘pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat’.

“Jadi hari ini kita bersama-sama dengan seluruh elemen bangsa baik dari instansi pemerintahan, kemahasiswaan, ormas-ormas total hari ini yang ikut bergabung kurang lebih 50 ribu orang. Dimana ini kegiatan kirab merah putih ini masih bagian dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan,” terang Kapolri.

Kirab merah putih dengan semangat menjunjung persatuan dan kesatuan ini, dikatakan Kapolri sangat diperlukan bagi Bangsa Indonesia untuk menghadapi segala macam bentuk tantangan yang datang dari tingkat global maupun nasional.

Tantangan tersebut diantaranya, menurut Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo adalah Pandemi Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini. Termasuk, terjadinya konflik Negara Rusia dan Ukraina, yang memunculkan potensi ancaman krisis pangan dan energi bagi seluruh dunia.

Adapun tokoh lintas agama yang menyaksikan Kirab Merah Putih secara Virtual, mulai dari Pimpinan Organisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Gorontalo, Muhammadiyah, perwakilan pimpinan Nahdatul Ulama, serta Pimpinan dan Anggota Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Gorontalo.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.