Pemberdayaan Perempuan Anak Tuah Melayu Siap Dukung Edukasi Bank Sampah dan Pemberdayaan UMKM

by -184 Views

Medan – Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Tuah Melayu Sumatera Utara mendukung penuh gerakan menabung sampah lewat Bank Sampah yang digaungkan Walikota Medan M Bobby Afif Nasution. Selain menciptakan lingkungan yang bersih juga akan memberdayakan pelaku UMKM di Kota Medan.

Demikian disampaikan Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Tuah Melayu Sumatera Utara drg.Tina Arriani M.Kes kepada wartawan di Medan, Kamis (24/2/22). Menurutnya, program Walikota Medan mendirikan Bank Sampah patut di dukung semua pihak.

“Kami dari pemberdayaan perempuan tuah Melayu siap mendukung dan menggerakkan program sehingga cepat terealisasi di setiap Kecamatan,” sebut Tina.

Organisasi Pemberdayan Perempuan Tuah Melayu memiliki kader yang terampil dan mahir soal daur ulang sampah. Saat ini kader tersebut aktif melakukan daur ulang menjadikan beberapa produk kerajinan tangan yang bernilai etnik. Jelas Tina

Bahkan, kader itu (red -Bu Ainun) dipercaya ikut mengisi stand Bazar Bank Sampah utusan Kecamatan Medan Belawan di pelaksanaan MTQ ke 55 Kota Medan yang diselenggarakan di Medan Belawan sejak 18 Pebruari 2022 lalu.

“Bu Ainun itu dipercaya memberikan pelatihan dan edukasi kepada para pengunjung untuk memanfaatkan daur ulang sampah bernilai tinggi, ” sebut Tina.

Ditambahkan Tina yang juga ASN Dinkes Medan di bagian Pencegahan Penyakit menular Pemegang Program Hepatitis itu, pihaknya melalui Pemberdayaan Perempuan bersedia menggalakkan program pendirian Bank Sampah sekaligus pemberdayaan pelaku UMKM.

“Kita siap memfasilitasi pelatihan dan edukasi daur ulang sampah dan pendirian Bank Sampah. Bahkan setiap Puskesmas bisa juga digerakkan dan diberdayakan karena muaranya menjaga kebersihan menunuju sehat,” kata Tina.

“Sifatnya kan memberikan edukasi bagi masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dari sejak usia dini,” Ujarnya

Sementara itu kader Pemberdayaan Perempuan Tuah Melayu Ainun yang juga pemilik Bengkel Kreasi Daur Ulang Sampah mengaku Dianya sudah mahir dengan mendaur ulang sampah menjadikan beberapa produk kerajinan.

Lanjut Ainun, Dia nya siap memberikan pelatihan dan edukasi daur ulang sampah. Begitu juga yang baru saja dilibatkan menyemarakkan Bazar MTQ di Medan Belawan stan Bank Sampah.

banner 300250

No More Posts Available.

No more pages to load.