Pengurus Ponpes Salafiyah Dorong Semua Pihak Perbaiki Komunikasi

by -349 Views

REDAKTUR.ID – Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Pohuwato KH. Abdullah Aniq Nawawi mengajak semua pihak untuk perbaiki pola komunikasi, menyikapi kerusuhan yang terjadi di Pohuwato Kamis (21/9).

“Kami juga meminta semua pihak menahan diri dan tidak memperpanjang tindakan kekerasan yang terjadi yang berasal dari pihak manapun. Serta menegaskan bahwa tindakan kekerasan tidak dibenarkan dalam pandangan agama,” kata KH. Abdullah Aniq Nawawi.

Segera mungkin menghadirkan solusi penyelesaian persoalan tambang, dengan memastikan agar masyarakat penambang Pohuwato dipenuhi hak-haknya, serta diberikan afirmasi dan fasilitasi.

Pihaknya juga mengingatkan bahwa tugas utama pemerintah adalah memastikan kemaslahatan untuk masyarakat luas sesuai kaidah fikih: tasharrufu al-imam ‘ala ar-ra’iyyah manuthun bi al-mashlahah. Serta mengharapkan masyarakat agar bersama-sama terus menjaga kondusifitas Pohuwato.

“Semua pihak untuk cooling down, baik pemerintah, dan masyarakat. Pemerintah pun harus mendengarkan aspirasi rakyat dengan sebaik-baiknya sehingga kepentingan investasi tidak mengorbankan masyarakat umum,” jelasnya.

Seluruh ormas Islam setempat terutama dari Nahdlatul Ulama untuk memerankan fungsi mas’uliyyah ijtima’iyyah (tugas sosial-kemasyarakatan), yaitu menjembatani komunikasi dan pemberdayaan antara masyarakat dengan pihak pemerintah agar hajat hidup masyarakat terpenuhi.

Ia juga mengimbau kepada seluruh kader Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah agar berperan aktif dalam menjaga stabilitas daerah dan mengawal aspirasi masyarakat sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kader.

Menghimbau kepada segenap alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah dan seluruh Jama’ah agar melakukan upaya spiritual-batin dalam menjaga kedamaian Pohuwato serta Gorontalo pada umumnya dengan memperbanyak membaca Shalawat Asyghil dan Istighfar.

“Mendesak diadakannya mediasi terhadap para pihak oleh lembaga yang netral untuk menjaga kondusifitas daerah,” tutupnya.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.