Polda Gorontalo berharap Situasi Kamtibmas terjaga hingga Lebaran nanti

by -192 Views

Polda Gorontalo, Dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023, Kepolisian RI menggelar Rapat Koodinasi (Rakor) melalui sarana video conference (Vicon) yang dipimin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan dihadiri oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Mendagri, Menteri perhubungan, Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Menteri PUPR dan Perwakilan TNI.

Untuk Provinsi Gorontalo, Rakor lintas sektoral berpusat di Aula Titinepo Mapolda Gorontalo yang dipimpin oleh Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi, Kamis (06/4/2023).

Hadir dalam kegiatan ini, Kasrem 133/NWB, para Pejabat Utama Polda Gorontalo, Kepala Basarnas, Kepala Jasaraharja, Kadis Perhubungan, Kabid Destinasi, Jabtan Fungsional, perancanaan dan Kabid Islam Kemenag Provinsi Gorontalo.

Wakapolda Gorontalo Brigjen Pudji Prasetijanto Hadi MH, melalui Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono menerangkan bahwa, kegiatan Rakor lintas sektoral dibidang operasional ini digelar sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 di Indonesia.

“Terutama pada kesiapan aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur-unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya”, jelas KBP Wahyu

Terakait hal ini, beberapa persiapan pun dilakukan baik dari perkiraan ancaman, cara bertindak dan pegelaran personel, diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanannya yang mana untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Selain itu, peningkatan aktivitas masyarakat pada bulan ramadhan dan menjelang Idul Fitri tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, khususnya gangguan di bidang lalu lintas.

“Guna mengantisipasi hal tersebut, Polri akan menggelar Operasi Terpusat dengan sandi Ketupat 2023 dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H tahun 2023”, tandas Kabidhumas Polda Gorontalo

Selain itu, Wahyu menyebutkan personil Polri terlibat dalam pengamanan sebanyak 146. 261 personil Polri Se-Indonesia.

” Terkait dengan persiapan PAM Hari Raya Idul Fitri Polri akan mendirikan 2.787 posko, yakni 1.857 Pos PAM, 713 Pos YAN dan 217 Pos Terpadu. Selain itu, dalam rapat tadi Kapolri akan membuat program mudik balik gratis presisi guna mengurangi beban volume jalan yang akan digunakan masyarakat,”tutupnya.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.