Silaturahmi Eks Napiter dan Ulama, MUI: Perlu Ada Solusi Ekonomi Mereka

by -253 Views
Eks Napiter

REDAKTUR.ID – Silaturahmi yang digelar Satgaswil Gorontalo Densus 88 Mabes Polri dengan para Eks Narapidana Terorisme (Napiter) di Gorontalo melahirkan beberapa ungkapan yang sekiranya perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Eks Narapidan Terorisme (Napiter) asal Pohuwato SA dalam kesempatan itu berharap ada perhatian dari Pemerintah Daerah terhadap mereka yang pernah terlibat dalam kegiatan terorisme.

SA mengakui jika langkah yang ia jalanai dan teman-temanya adalah salah, karena apapun alasanaya tindakan teror dimasyarakat tidak dibenarkan dalam agama.

“Kami memohon maaf kepada pemerintah daerah dan juga masyarakat atas kesalahan yang telah kami buat,” kata SA.

Namun kini ia dan rekan-rekannya telah menjalani program Deradikalisasi dari Densus Mabes Polri, sehingga siap kembali ke masyarakat untuk hidup bersosial.

Terhadap langkah tersebut, SA berharap ada perhatian khusus dari pemerintah daerah, terutama dari segi modal usaha atau pun pelatihan-pelatihan untuk pemberdayaan.

“Hingga saat ini kami eks napiter belum dapat perhatian dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Ia mengakui saat ini sangat sulit mencari kerja, sehingga butuh pelatihan pemberdayaan ataupun modal usaha dari pemerintah.

Pengurus MUI Kota Gorontalo Ustad Nanang masaudi dalam kesempatan itu mengatakan bahwa mendengarkan apa yang mereka ungkapkan tentu menjadi perhatian serius bagi semua pihak.

“kami juga berharap ada regulasi dari pemerintah tidak sebatas tindakan represih, tapi ada semacam regulasi pasca napiter menjalani hukuman,” kata Nanang Masaudi.

Ia mencontohkan, misalnya dari segi Ekonomi mereka, pemerintah dapat membantu atau membekali mereka dengan pelatihan atau keterampilan sehingga ada penunjang dari segi ekonomi.

Karena bisa saja karena ada kebutuhan ekonomi yang tidak terpenuhi menyebabkan mereka terlibat aksi radikalisme.

“Sebab setelah mereka menjali masa hukuman tentu perlu ada perhatian pemrintah, mencarikan solusi dari masalah ekonomi mereka,” tegasnya.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.