Tekan Positivity Rate, Pelaksanaan Vaksinasi digelar setiap hari

by -515 Views

Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggencarkan percepatan vaksinasi Covid-19 demi memenuhi target 70 sampai 75% populasi secara nasional.

Percepatan vaksinasi itu berlaku hingga ke seluruh daerah, tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala BIN Daerah Kalteng, Brigjen TNI Sinyo mengatakan, percepatan cakupan vaksinasi diperlukan untuk memastikan keberlangsungan fenomena penurunan positivity rate nasional dan daerah.

Meski saat ini puncak kasus positif secara nasional diperkirakan sudah terlampaui, namun target vaksinasi justru harus segera dicapai agar tidak ada pembalikan fenomena.

“Dan khusus di Kalimantan Tengah, positivity rate-nya juga bisa kita tekan,” kata Sinyo, Senin (7/3/2022).

Untuk mempecepat realisasi vaksinasi, baik dosis satu, dua dan booster, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya, hingga unit terkecil seperti puskesmas-puskesmas.

Untuk melakukan vaksinasi baik secara terpusat, hingga vaksinasi dari rumah ke rumah atau door to door.

Komitmen kita sama, yaitu menjangkau dan mempermudah akses vaksin bagi semua lapisan masyarakat, termasuk yang tinggal jauh di pelosok pedesaan.

“Karena pada tahun 2022 ini, kami menargetkan setidaknya bisa melakukan vaksinasi kepada 155 ribu orang per bulan,” kata Kabinda Kalteng.

Lebih lanjut Sinyo mengakui, sejauh ini masih ada masyarakat yang belum terdata vaksin dan sebagian ada pula yang masih menolak untuk divaksin dengan berbagai alasan, di antaranya karena termakan informasi hoax.

Dia pun mengimbau agar warga tidak begitu saja percaya dengan pemberitaan bohong atau hoaks terkait vaksinasi Covid-19.

Harapan kami agar semua masyarakat Indonesia khususnya Kalteng dapat menerima vaksin Covid-19.

“Sehingga kita dapat mengakhiri pandemi jadi endemi. Jangan percaya dengan berita hoaks yang beredar di sosial media, karena vaksin sudah teruji aman dan halal,” tegas Sinyo.

Selain itu, bagi masyarakat yang telah menerima vaksin dosis lengkap (dosis 1 dan 2) serta telah memenuhi syarat untuk mendapat vaksin booster, dia juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan penundaan.

“Bagi yang telah memenuhi syarat untuk mendapat vaksin booster, segerakan saja. Jangan ditunda-tunda. Karena ini untuk kebaikan kita bersama,” imbaunya.

Sementara itu, pada kegiatan vaksinasi Binda Kalteng, yang dilaksanakan Sabtu (5/3/2022) di lima kabupaten, realisasi tervaksin sebanyak 2.516 orang, yakni di Kabupaten Murung Raya 125 orang, Barito Selatan 480 orang, Katingan sebanyak 734 orang, Barito Utara 610 orang, dan Kotawaringin Timur sebanyak 567 orang.

“Hingga saat ini, capaian vaksinasi untuk bulan Maret yang kita lakukan sebanyak 8.158 orang, ini aka terus kita sisir setiap hari, agar target kita tercapai,” jelas Sinyo.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.