TNI-Polri Kerahkan 4,000 Personel Amankan KTT AIS di Bali

by -177 Views

REDAKTUR.ID – Polda Bali mengerahkan 4.000 personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island State (AIS) di Nusa Dua, Badung, pada 11 Oktober 2023. Pengamanan tersebut dilakukan oleh jajaran Mabes Polri dan TNI.

“Itu (pengamanan KTT AIS) dikendalikan pusat. Kita di sini sebagai backup dengan Pangdam Udayana. Kita backup sesuai porsi masing-masing dengan 4.000 personel,” jelas Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra dikutip dari Antara, Senin (2/10/23).

Kapolda mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia terkait berbagai persiapan menjelang forum tersebut. Berbagai peralatan untuk menunjang pengamanan pertemuan internasional itu pun telah mulai didistribusikan.

Menurut Kapolda, situasi Bali saat ini masih dalam keadaan kondusif dan tak ada hal-hal menonjol yang menjadi perhatian khusus dari pihak kepolisian maupun dari TNI. Ia menjelaskan, pola pengamanan pertemuan KTT AIS kali ini dilakukan seperti pengamanan KTT G20 pada November 2022 dengan skema tiga ring pengamanan.

“Kemarin (1/10) juga sudah dirapatkan pengamanan delegasi tentunya akan ada ring 1, ring 2, ring 3 persisnya sesuai G20,” ungkapnya.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.