Wabup Pohuwato: Satkamling bertujuan untuk Kondusifitas Daerah

by -150 Views

Polres Pohuwato melaksanakan Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling).Bertempat dilapangan Upacara kantor bupati kab. Pohuwato Rabu, (21/06/2023).

Bertindak sebagai pimpinan Apel Satkamling Wakil Bupati Pohuwato Hj.Suharsi Igirisa, S.Ip., M.Si., dan dihadiri oleh Kapolres Pohuwato Akbp Joko Sulistiono, SH., SIL., MH., Pejabat Utama Polres Pohuwato, dan Kapolsek Jajaran bersama Kanit Binmas serta peserta Apel Satkamling dari Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, ASN, Sat Kamling dan Linmas.

Wakil Bupati membacakan Amanat Kapolri mengatakan, Apel ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan Pam Swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif, sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri.

Keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat baik yang berupa kelompok Satkamling ataupun kelompok potensi masyarakat lainnya.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui Pengamanan Swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem Keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif Pam Swakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan Pam Swakarsa.Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk Pengamanan Swakarsa. Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda Nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

“Kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena Persatuan dan Kesatuan Bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama, Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

Kepada rekan-rekan Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat. ” Pungkas Hj. Suharsi Igirisa.

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.