Wakapolda Gorontalo bersama Forkopimda tanam pohon serentak

by -168 Views

Dalam mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di seluruh Nusantara, Polda Gorontalo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan kegiatan penanaman pohon serentak di Bumi Perkemahan Kel. Bongohulawa Kec. Limboto Kab. Gorontalo Rabu (23/08/2023). Kegiatan ini menjadi bagian dari inisiatif Polri untuk turut serta dalam melestarikan negeri dengan melakukan penghijauan sejak dini, mengingat ancaman bencana alam yang semakin sering terjadi akibat perubahan iklim dan minimnya perhatian terhadap kelestarian alam.

Pentingnya keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) di setiap wilayah menjadi sorotan utama dalam kegiatan ini. Ruang terbuka hijau tidak hanya menjadi “paru-paru” kota, tetapi juga memiliki peran penting dalam menyerap karbondioksida (CO2), menghasilkan oksigen, menurunkan suhu udara, dan menciptakan lingkungan yang sejuk serta mampu menyerap air hujan. Hal ini menjadi perhatian serius, sebagai solusi jangka pendek dalam mengatasi polusi udara.

Kegiatan penanaman pohon yang berlangsung, dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia termasuk Polda Gorontalo dan Polres jajaran. Lebih dari 7500 bibit pohon telah disiapkan Polda Gorontalo, mencakup berbagai jenis seperti pohon keras (seperti mahoni, Glodogan, bakau, dan malahengo) serta pohon buah-buahan (kemiri, jambu air, sirsak, dan aren). Penanaman dilakukan di enam wilayah kabupaten dan kota di provinsi Gotontalo.

Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs Pudji Prasetijanto Hadi, M.H, dalam sambutannya beharap agar kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh jajaran Polda Gorontalo, tetapi juga dapat menjadi contoh bagi seluruh elemen pemerintahan yang ada di wilayah provinsi Gorontalo .

“kegiatan ini juga melibatkan anggota Pramuka dari Saka Bhayangkara Kabupaten Gorontalo. Keikutsertaan generasi muda dalam penanaman pohon menjadi simbol bahwa tanggung jawab menjaga alam akan diturunkan kepada mereka. Harapan bahwa kegiatan semacam ini dapat diikuti oleh semua elemen pemerintahan di Provinsi Gorontalo sangatlah besar.”terang Wakapolda

Selain itu, Pudji juga berharap kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Pelestarian alam dan lingkungan hidup, serta pencegahan bencana alam, adalah tujuan bersama yang harus terus diupayakan. Semua ini dilakukan demi menjaga kualitas hidup bagi generasi mendatang.

“Mari kita terus mengkampanyekan Pelestarian Alam Dan Lingkungan Hidup Demi Menjaga Kualitas Hidup Anak Cucu Kita Dimasa Yang Akan Datang,” Ucap Pudji

banner 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.